Senin, 27 Februari 2012

Memancing Ikan = Melatih Kesabaran!

Memancing merupakan suatu kegiatan yang mengasikkan, dimana beban di otak hilang saat kita melihat air dan ikan, apalagi alangkah senangnya jika kita dalam seharian memancing dan dapat banyak sekali ikan. Mungkin dari hasil pancingan kita itu bisa kita jual atau kita bawa pulang sendiri, tetapi yang namanya memancing membutuhkan kesabaran ekstra, kenyataannya tidak semudah yang kita bayangkan atau kita lihat. Untuk memancing diperlukan sedikit keahlian khusus.
Kita tidak bisa memancing dengan mengandalkan nafsu dan emosi ingin mendapat banyak ikan, maka niscaya keinginan ini tidak akan berbuah manis, kecil kemungkinan terwujud. Pancinglah dengan kesabaran, karena setiap kesabaran itu pasti akan berbuah manis pada saatnya, begitu pepatah bilang.
Memancing tidak semudah kita mengambil ikan di aquarium, karena kita haruslah menunggu ikan yang kita pancing meraih umpan kita. Walaupun kita memiliki umpan, tidak semua ikan terkadang suka dengan umpan kita. Apalagi jika kita memancing di laut lepas, pemancing di laut lepas harus punya jiwa pemberani dan menyukai tantangan. Hanya pemancing yang menyukai tantangan yang akan menjalani hobinya mancing di laut lepas, danau, atau sungai. Memancing memerlukan modal yang cukup banyak, selain rasa kesukaan di hobi ini.
Tantangan yang harus dihadapi oleh para pemancing salah satunya adalah berasal dari si ikan, sebagai target pancingan. Perlunya mengenali karakter dari ikan-ikan di lokasi, karena tentunya ikan-ikan di alam bebas jelas berbeda karakter dengan ikan-ikan yang sengaja dipelihara untuk dipancing di lokasi pemancingan. Ikan di alam bebas cenderung memiliki karakter melindungi diri lebih baik.
Memancing dapat di kategorikan menjadi 2 bagian, yaitu fun fishing dan sport fishing. Fun fishing adalah kegiatan mancing untuk sekedar mencari kesenangan saja dan tidak ada target sasarannya, hanya perlu peralatan pancing yang sederhana dan biasanya di perairan dangkal dari segi perencanaannya juga tidak terlalu ribet. Sport fishing adalah kegiatan memancing yang dilakukan secara terkonsep sebagai suatu perlombaan, peralatannya pun sangat lengkap dan terjamin serta mengambil area di lautan lepas. Kedua kategori ini memerlukan karakter khusus pada si pemancing untuk melatih kesabaran di medan yang berat maupun yang ringan sekalipun. Hal ini dapat mengajarkan kita untuk mengendalikan diri dari sifat emosi.

10 komentar:

Arya Dharma mengatakan...

wahh bagus jga nih buat ngelatih ksabaran,,hehehe

Anonim mengatakan...

Asyik tuch....

Anonim mengatakan...

Saya ga bisa mancing nih, tiap mancing ga dapet ikan, tapi malah dapet sendal...hehe

Unknown mengatakan...

Kalo perkara memancing, ni memang hobby ane gan, dapat ngak dapat ikan urusan lain.

Boby Aoliya mengatakan...

jadi inget waktu masih kecil saya paling ga suka mancing lama lama , wkwkwkk xD

ventola mengatakan...

sama, waktu msh SD, mancing asal jadi. gak pake teknik segala macem, yg penting dapet! tp, perlu sabar juga, kadang NIHIL. hehehe

arie5758 mengatakan...

Mungkin saya adalah salah satu orang yg belum bisa menikmati keasyikan memancing sob, mungkin bukan hobby ya? Jika pas ikut kegiatan mancing, paling saya cuman bagian menggoreng/membakar hasil pancingan saja hahahaha....

Ga tau kenapa saya belum bisa sabar seperti pemancing lainnya, dg sabar menanti ikan yg memakan umpan. Moga aja dari postingan ini bisa sedikit belajar deh :)

dhlondhenk mengatakan...

hehehe,memancing memang mengasyikkan,butuh kesabaran extra bagi yg melakukannya,belum lg klu ikannya lepas / tali pancingnya putus...emosi dilatih disini,nice share gan.

randy mengatakan...

Hi, Nice post thanks for sharing. Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

Thanks!

Randy
randydavis387@gmail.com

Unknown mengatakan...

haha,kbetulan sya juga snang mancing

Posting Komentar